Jumat, 22 Februari 2019

Logo ikon bahasa Pemrograman Java adalah Kopi Indonesia? (1)

Yah memang saya juga menyukai kopi, specially kopi tempat kelahiran saya, apalagi ketika pagi saya sempatkan seruput kopi dulu sambil kembali ke depan layar komputer, nanti aja ah bahas kopinya, jadi tak terasa sudah semester kedua saya di Teknokrat, mungkin akan lebih sibuk lagi kegiatan dikampus apalagi kerja sambil kuliah hal yang mungkin lumayan berat saya alami namun mudah2an InsyaAllah sampai lulus nanti lancar, Aamiin.



Sedikit ya saya mau ceritakan mengenai awal saya belajar pemrograman pertama kali, saya masuk ke kelas malam yaitu Informatika IF 18FX, dikelas kami jangan ditanya suasananya, sudah jelas kompak dan solid,, seperti keluarga memang, mau saya bahas siapa aja teman2 kelas? lumayan banyak juga mungkin dilain kesempatan saya ceritain hehe.. Jadi kalau di awal perkuliahan itu saya belajar Dasar Pemrograman sama pak Najib Dwi Satria, bahkan ada seniornya juga yg memanggil sebutan om Aji, pak Najib ini seorang dosen pemrograman, ngajarin pemrograman yaitu bahasa C# atau dibaca C sharp. Yah pak Najib lulusan Teknokrat juga beda 10 tahun kira2 sama saya :v, cikal bakal berdirinya UKM Robotic bersama pak Agus Mulyanto sepertinya yang pada saat itu Tim Robotic Tekno mulai sering menjuarai lomba Robotics tingkat Nasional dengan Pak Najib ini. sampai sekarang pun saya masih sering bertemu beliau di kampus, dan tampaknya saya cukup kaget di smt2 hanya kelas kami yang tidak diajar beliau lagi , mungkin dikarenakan sering ada kegiatan atau kesibukan pak Najib saat mengajar di kelas malam. Basic pemrograman saya pun dibilang biasa aja kalo dibilang, tapi berkat pengajarannya lah yang simple dan mudah dipahami kelas kami lulus semua dengan hasil akhir yang lumayan memuaskan.

Kalau IT itu ranahnya banyak , jadi ya kalo belajar sekedar di kampus aja, ga mungkin bisa paham betul kan. apalagi bisa belajar dari buku atau sekarang yang gampangnya bisa cari referensi dari youtube. Dari situ saya tau kalo di Tekno itu ada banyak UKM yang populer seperti Robotics, Animedia (Animasi & Multimedia) dan juga Protek singkatan dari programming Teknokrat.
Awal tau apa itu Protek sama temen di IF18A, panggil aja Dim, saya kira dulu Protek itu pelafalannya Protect atau melindungi wkwkw. trus juga kenal Mba Shanty yang jelasin UKM Protek, ia juga anggota Protek, Kakak tingkat  jurusan Sistem Informasi, dia juga pembimbing kelompok 9 saat saya masih ikut Propti dulu. Cantik ?masih single? ya jelas ga bakal mau juga sama lo pada :D Yaudah karena memang saya suka animasi but skill design saya yg bisa dibilang parah, dan lebih tertarik ke program ya langsung aja deh saya daftar ke Protek.

Protek saat itu Ketuanya kak Zhansy ya, sekarang? kak Bagus Miftaq, kalo belum kenal ya buruan masuk Protek gih, heheh. Protek punya Divisi sendiri disana, ada 6 yaitu Android, Web, Desktop, IoT, Keamanan Jaringan dan Mikrotik. Jadi saya milih mau masuk divisi apa nih,? ya kalo bisa saya mau masuk semuanya gpp wkwk sayangnya memang waktu menjadi masalah.
Android? memang sekarang rata2 semua orang sudah pegang Android dimana2, dan aplikasi android sangat populer sekarang ini, apalagi PUBG walau saya maennya di PC sih :D
Web? ya saya suka dengan Web karna dulu saat masih SMK pernah belajar dasar html & css sering ngoprek web, apalagi perusahaan kerja sekarang sangat membutuhkan yang namanya Web Developer yang merupakan Impian saya belajar menjadi seorang Programmer
Desktop? ini merupakan pilihan yang tepat jika baru ingin memulai belajar dasar programming, saya rasa wajib masuk yang ingin membuat sebuah aplikasi apalagi merupakan materi dasar awal kuliah di Praktikum Pemrograman
IoT? Internet of things mulai populer sekarang ini, jarang sekali memang kampus yang sudah menerapkan itu,  peran IoT lah yang paling memiliki dampak besar dimasa depan nanti. yang suka Arduino gabung aja
Keamanan Jaringan? disini lebih menganalisa, mencari celah dan menyelesaikan masalah tersebut pada suatu Program atau jaringan, atau biasa disebut Kompetisi CTF,  yang suka Hacking nih pastinya tertarik :v
Mikrotik? saat SMK juga punya pengenalan tentang mikrotik, didunia kerja mikrotik juga banyak dibutuhkan, kalo lebih tertarik tentang Jaringan wajib masuk apalagi usaha RT RW Net lagi rame sepertinya..

lanjut, saya daftar apa nih? saya milih 2 saat itu yaitu Divisi Kemanan Jaringan dan Web, mudah2an diterima aja dulu, toh tujuannya menambah pengalaman dan ilmu baru di luar jam kuliah. Masuklah saya Di Keamanan Jaringan yang biasa dipanggil 'Tenesys' keren juga saya denger. Tenesys Teknokrat and System Security tampaknya Kak Allen dan Kak thomas dulu yang mendirikan UKM Tenesys ini entah kenapa mereka berdua saya lihat kemana selalu nempel bareng terus yak wkwk ..
ketua Tenesys sekarang Kak Andrian juga sebagai tutor yg saya ingat pada saat saya mengikuti ujian divisi masuk Protek, Kak Andrian saat berbicara menjelaskan divisinya yang meyakinkan dan memotivasi saya ingin masuk ke Tenesys sekarang. selain itu juga ada kak Zhansy, Kak Thomas, Kak Lian dll. yang sampai sekarang mengajarkan dan membantu kami semua di UKM tersebut. Lalu di divisi Web ada Kak Elfin sebagai Tutornya, ia bercerita pengalaman dari awal ia masuk ke teknokrat, kuliah sambil bekerja, tidak merepotkan orang tuanya, menjadi juara tingkat nasional, mendapat beasiswa, lalu menjadi asisten dosen dan sampai sekarang ini menjadi tutor di divisi Web.
Sayang memang kalau waktu dihabiskan untuk hal yang percuma, kita harus berinisiatif melakukan hal yang bermanfaat saat kuliah, mencari ilmu yang tidak diajarkan oleh dosen, semua kita cari sendiri, toh itu semua InsyaAllah Bermanfaat di masa mendatang. Yang saya beruntung waktu pelatihan UKM keduanya saat malem minggu disaat saya ada waktu kosong jam 5 di Tenesys setelah itu lanjut ke WEB, yg jelas tidak menggangu waktu kuliah dan kerja.. trus? malem minggunya kapan dong? kan kelas malem tiap hari ada jam kuliah? .. oalah dibilang isi hal yang bermanfaat dulu biar ga ngerepotin orang tua, lagian kuliah + kerja juga memakan banyak waktu dan pikiran, bisa2  ga efisien menjadi tidak fokus dan capek pastinya, ini pengalaman yang saya pernah alami :v
Mau pacaran nanti ada saatnya kok, Allah sudah mengatur dan menjaga jodoh kita masing2 #plak sok bijak.
Nah kalo gitu kan setelah saya lulus saya siap langsung nikahin doi :v #wassshu


sekian sampe sini dulu aja ya. trus penjelasan logo java gimana? untuk lanjutannya dibilang kalo ada waktu lagi wkwkk saya juga jarang buat hal seperti ini wkwk
Trimakasih sudah mau mampir dan membaca...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar